Tuesday, February 5, 2008

kita punya Kreta Api Baru...

fauzan zidni,

PT KA menurut berita ini berjanji akan menyelesaikan pembangunan jalan kreta pada awal 2009. proyek yang menghabiskan dana 3,9 Trilyun itu rencananya akan menghubungkan Bandara Soekarno Hatta ke Stasiun Manggarai via Muara Angke.

berita ini tentunya menarik karena dua hal, pertama rencana ini lebih cepat dibanding rencana awal yang 5 bulan lebih lama. reaksi yang spontan muncul adalah puji sukur dari penulis. masih terngiang pertengahan desember kemaren, ketika mengajak 4 Wisman yang juga teman kuliah, betapa malunya ketika naek bis damri dari Soekarno Hatta ke Gambir menghabiskan waktu 4 jam karena macet hujan. selain itu pembangunan rel kreta ini juga akan menambah akses ke Bandara yang selama ini di monopoli oleh jalan tol yang ketika banjir menimbulkan permasalah besar. kedua, pesimistis juga perlu penulis sampaikan, isu ini relatif menjadi komoditas pengalih isu banjir di Jalan Tol, dan dengan waktu yang dipercepat, kekhawatiran seperti kasus Jalan Tol CIpularang yang sangat rentan longsor karena pembangunan yang dikebut juga terus membayangi. jangan sampai karena mengejar waktu keselamatan penumpang nantinya dipertaruhkan. selain itu, apabila dibangun di jalur yang dekat dengan lokasi banjir jalan tol, klo kata orang betawi bilang gak ngaruh, sama aja... Isu 2009 juga semakin menarik karena menjelang pemilu 2009. SBY tentunya akan menjadikan ini sebagai produk keberhasilan pembangunan yang dia capai...

isu mengenai mass rapit transport untuk mengatasi kemacetan terutama di Jakarta dan beberapa kota besar lain juga semakin penting untuk segera di realisasikan. proses pembangunan monorail di Jakarta yang terkatung-katung patut dijadikan isu penting bukan hanya untuk Foke, tapi juga butuh intervensi pemerintah pusat untuk penyelesaiannya.

belajar dari Singapore, kalo melihat map ini, menunjukan perencanaan yang baik. monorel yang rencana dibangun di jakarta disini terkenal dengan nama LRT sebenarnya hanya mampu menampung sedikit penumpang, dan hanya di gunakan sebagai feeder untuk MRT, pada 2009 pula, saat kita berbangga menyelesaikan pembangunan rel kreta bandara, Singapore berhasil menyelesaikan proyek circle line (klo dilihat di map berwarna kuning). untuk jangka panjang, pada 2020 mereka akan menambah dua line lagi dengan total investasi 20 milyar SGD. dengan perkiraan lonjakan jumlah penumpang dari 1,4 juta penumpang (lebih dari 20% jumlah penduduk) menjadi 4.6 juta penumpang per hari pada 2020.

Indonesia gimana?

No comments: