Sunday, July 13, 2008

jembatan sok susah (JSS


Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) kembali menjadi pembicaraan serius akhir-akhir ini. Terutama sejak masa liburan sekolah dan melonjaknya jumlah penumpang yang ingin menyeberang dari Jawa ke Sumatera melalui pelabuhan Merak. Kompas hari ini memberitakan antrian truk yang harus menunggu hingga 2-3 hari untuk masuk kedalam kapal feri, selain itu kemacetan truk sudah mencapai 10 KM dari puntu pelabuhan merak. Kerugian yang dialamai para pengusaha, terutama yang membawa barang-barang yang mudah membusuk (seperti sayur-sayuran) dan waktu yang terbuang untuk menunggu antrian membuat para pengusaha berang.

Namun, apakah sebenarnya JSS adalah satu-satunya solusi bagi moda transportasi Jawa-Sumatera? Secara jangka panjang memang pembangunan JSS adalah sebuah keharusan untuk menyeimbangkan pembangunan ekonomi jawa-sumatera, selain itu juga, moda transportasi kapal feri memakan waktu perjalanan yang terlalu lama untuk dinamika ekonomi jawa-sumatera yang semakin berkembang. Masalahnya klasik, sesuatu yang selalu ada di Negara ini, manajemen yang buruk. Pembangunan JSS tentunya akan memakan waktu yang sangat lama, bahkan tahapan studinya saja masih jauh dari garis permulaan. Tapi, masalah2 klasik sperti tumpukan penumpang pada saat peak season seharusnya bisa diatasi dengan sebuah perencanaan yang lebih baik. Pengerahan jumlah armada dari lokasi lain ke selat sunda bisa dijadikan sebuah solusi jangka pendek.

Masalahnya untuk Indonesia, bukan itulah penyebab riil yang terjadi. Antrian panjang yang terjadi sebenarnya disebabkan oleh kesengajaan oleh pihak2 yang berkepentingan terhadap JSS. Apalagi pembangunannya direncanakan dengan skema BOT yang melibatkan pihak swasta. Dengan konsesi selama 30 tahun, cost benefit analysis nya tentu lebih menguntungkan bagi pihak swasta dibanding manfaatnya terhadap masyarakat (akan dibahas lebih lanjut). Sehingga, semakin cepat pembangunan itu terjadi, semakin besar keuntungan diraih. Antrian panjang yang terjadi bisa menjadi pemicu opini publik bahwa pembangunan JSS adalah suatu keharusan yang mendesak. Hal2 dibelakang layar yang terjadi adalah oknum2 yang “bekerjasama” dengan pihak pelabuhan agar jumlah kapal yang tersedia tidak akan mencukupi pada saat peak season ini. Yah, begitulah negeri ini… bukan begitu pak TW?

5 comments:

Anonymous said...

Off for а scan on my finger soon, can ardly
type with this bгеak. Hаs anyone ever trieԁ writing with а bгoκen finger!
?.

My blοg pοst; online fast cash loans

Anonymous said...

Sο, questіon timе, dο Ι havе the оρportunity to
aѕk аnythіng?

mу web pagе ... fast cash advance payday loans

Dr Purva Pius said...

How I Got My Loan From A Genuine And Reliable Loan Company

I am Mrs.Irene Query i was in need of a loan of S$70,000 and was scammed by those fraudulent lenders and a friend introduce me to Dr Purva Pius,and he lend me the loan without any stress,you can contact him at urgentloan22@gmail.com

1. Your Full names:_______
2. Contact address:_______
3. Country Of Residence:______
4. Loan Amount Required:________
5. Duration:_____
6. Gender:_____
7. Occupation:________
8. Monthly Income:_______
9. Date Of Birth:________
10.Telephone Number:__________

Regards.
Managements
Email Us: urgentloan22@gmail.com

Dr Purva Pius said...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

BORROWERS APPLICATION DETAILS


1. Name Of Applicant in Full:……..
2. Telephone Numbers:……….
3. Address and Location:…….
4. Amount in request………..
5. Repayment Period:………..
6. Purpose Of Loan………….
7. country…………………
8. phone…………………..
9. occupation………………
10.age/sex…………………
11.Monthly Income…………..
12.Email……………..

Regards.
Managements
Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

Dr Purva Pius said...

My name is.Mrs.Anna Daniel. I live in Ukraine i am a happy woman today? i need to use this time to tell all people how i got my loan from this honest and God fearing man loan lender that help me with a loan of $84,000 please contact him. if you also need a loan without any problem he name is Dr Purva Pius email (urgentloan22@gmail.com) tell him that is Mrs.Anna Daniel that refer you to he